TIPS MENJADI ANAK SMA

Assalamu’alaikum wr.wb, Have a great day guys!

Hai! Ilma-san come back!

Bayang-bayang buat kalian yang mau SMA, *cieee yang udah keterima di SMAfavorit*In this occasion, aku bukan mau nyampah, eh tepatnya aku mau nyampah tapi sedikit bermanfaat. Gini ya, kalian yang anak SMA baru, dan mumpung masih baru pasti beranggapan masa SMA itu masa puncaknya anak alias masa bahagia. PUTIH ABU emang beda dari biru putih, dunianya aku akuin seru putih abu. TAPI, iya ada tapinya…. putih abu juga ada masa kelamnya, yaitu masalah pelajaran. Jangan samakan pelajaran di SMP dengan SMA, Kalian di SMA jangan terlalu dibuat remeh atau dibuat santai, justru masa SMA itu adalah masa kerja keras. Beruntung banget kamu yang masuk ke kurikulum baru *beruntung nggak ya?* soalnya kalian nggak harus mempelajari 17 mata pelajaran dalam satu tahun, bayangkan! Emh aku ini contohnya pelajar yang mempelajari 17 mata pelajaran, dan hendak menuju penjurusan. Dan masih bingung mau masuk apa, IPA? IPS? BAHASA? Tunggu nilai rapot J. Bertawakal sajalah J.

Hal paling menyulitkan saat masa baru SMA adalah mata pelajaran yang sudah complicated, apalagi ditambah guru yang super duperrrrrrrrr killer, masuk ke kelas Cuma nerangin beberapa kalimat terus keluar dengan meninggalkan suatu barang *tugas* terus suruh ngumpulin, sehabis itu hari selanjutnya langsung ulangan. JOS!

Saa, this is some tips from ilmaka :

1.       Masuk ke SMA buat sekolah kan ya? Nah, kamu fokusin ke belajar dulu mendingan. Yang nggak penting jangan ditanggapin terlalu serius. Nggak harus sepaneng kok, bisa aja santai, tapi santainya adalah santai tanggung jawab.

2.       Sekolah sambil pacaran boleh nggak? Emh, aku saranin sih nggak usah. Soalnya yang kaya begituan itu umumnya bakal mengganggu keseimbangan, tapi kalau kalian ngeyel ya udah nggak apa, asalkan bisa tanggung jawab (nah itu dia arti dari santai tanggung jawab). Tapi saran aku nggak usah pacaran dulu, kalian itu terlalu kecil untuk itu. SAKIT itu sakit lhoh J

3.       Kalau di sekolah, pahamin bener apa yang disampaikan sama guru, kalau belum ngerti ya tanya sama gurunya. Biasanya kamu itu takut tanya sama guru, soalnya kalau kamu tanya nanti gurunya yang tanya balik ke kamau. Iya kan? Solusinya adalah kamu tanya ke temen kamu yang udah paham sama materi.

4.       Kalau temen juga nggak paham materi? Gampang, luangin waktumu buat ngebahas materi yang belum kamu dan kawanmu kuasai. Misalnya saat istirhat pertama kalian nggak usah jajan dulu, jajan nggak apa sih tapi abis jajan langsung ke kelas, piring kantin bawa ke kelas juga bisa. Intinya buatlah kelompok belajar sama temenmu, nggak harus sekelas, beda kelas ataupun beda sekolah juga nggak apa.

5.       Jangan puas sama pembelajaran di sekolah. Kamu itu jangan hanya mau terima materi dari guru ataupun buku yang kamu miliki. Cobalah di rumah kamu belajar sendiri melalu internet atau media yang lainnya. Intinya gunakan fasilitas dengan baik.

6.       Sepulang sekolah kamu buka lagi bukumu, lalu pelajari sekali lagi, kamu pahami benar-benar sampai encerrrr. Hahahaha. Pokoknya kamu pelajari dan terserah gimana carnya pelajaran depan kamu udah bisa materi yang tadi dipelajari udah di luar kepala *di luar kepala bukan berarti ilang melayang tak tahu nyangkut dimana ya J

7.       Malamnya, kamu pelajari materi yang kemungkinan besok bakal dibahas sama guru. Jadi saat guru ngasih keterangan kamu bisa mengikuti dengan baik, istilahnya sedia genteng sebelum hujan.

8.       Biasakan tiap harinya kamu belajar, nggak harus satu jam dua jam bahkan tiga jam, cukup 15menit asalkan kamu paham benar. Biasanya anak yang belajar 15 menit terus paham makan dia bakal ketagihan belajar. Nah itu adalah salah satu peningkatan darimu.

9.       Kalau otak udah nggak bisa lagi nampung materi, mendingan istirahat dulu. Tenangin pikiran, jangan dipaksakan. Takutnya kalau dipaksain nantinya malah nggak bisa mecahin masalah terus kamu jadi emosi sama pelajarannya dan kebawa sampai ending. Otak juga perlu refreshing bukan?

10.   Tidurlah yang cukup. Tidur juga penting buat nyenengin si otak. Jangan mentang-mentang rajin belajar terus sampai lupa tidur ya, oh iya makan juga😀.

11.   Kalau ada PR terus kamu nggak bisa ngerjain di rumah, kerjakanlah di sekolah😀 jajajaja aku nggak ngajarin buruk lhoh :p jadi gini, kamu berangkat pagi, terus kamu minta bantuan temen  kamu buat nerangin gimana caranya jawaban PR bisa ‘begitu’, jangan asal nyontek ya. Itu membodohi diri sendiri😀

12.   Sebelum ada tes, buatlah rangkuman materi kurang lebih 3 hari sebelum tes hari pertama di mulai. Jadi waktu hari H nya udah tiba, kamu tinggal baca apa yang sudah kamu rangkum, bukan merangkum mendadak soalnya itu Cuma buang waktu, kan sanyang. Kita disuruh menghargai waktu bukan?

13.   Ini yang terakhir dan yang paling penting, kalau kamu nggak suka pelajarannya ataupun gurunya, maka BERUSAHALAH untuk menyukainya *bukan cinta-cinta ya J*. Kalau kamu suka sama gurunya tapi nggak suka sama mapelnya itu masih mending karena biasanya guru itu adalah faktor dari nyamannya belajar. Intinya sukailah gurumu dalam keadaan apapun.

Nah, sekiranya itu aja, emmm kalau ada kritik dan saran, harap berkomentar di bawah ini ya J kritik dan saran membangun jiwa *ciacia* hahahaha sadar kalau tips di atas itu adalah tips yang datar -_- alias sudah banyak yang tahu. Remember, don’t waste your best time J kurangi aktifitas yang nggak penting buat masa depanmu, masa depan dunia dan akhirat. Semoga pembaca sukses dunia akhirat, amiin J. Arigatou gozaimasu, Ja mata J.

Wassalamu’alaikum wr.wb

                                                                                                                                                                     ilmaka gif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s