Apakah Rosella termasuk dalam jenis mawar ? ini dia jawabannya :)

Standar

Rosella bukanlah termasuk dalam jenis mawar, ini dia penjelasan tentang Rosella

Rosella (Hibiscus sabdariva) adalah species Hibiscus,  familia Malvaceae. Tumbuhan ini berasal dari Afrika Barat. Tanaman Rosella adalah sejenis herba tahunan yang dapat hidup dalam waktu lama. Rosella sesuai hidup di sekitar tanah yang subur, saluran air yang baik, terutama di iklim tropika. Rosella adalah tumbuhan yang berkhasiat, terutama kaliksnya dan telah dicoba untuk diambil ekstrak dari kaliksnya serta diproses menjadi suatu produk yang menjadikannya dapat dikonsumsi dengan mudah. Kaliks Rossela tersebut  mengandung banyak khasiat seperti, mengurangi viskositas darah sehingga peredaran darah lancar (pada hipertensi), sakit jantung, diabetes, stroke, kolesterol tinggi, antioksidan, meningkatkan stamina, menetralkan racun (detoxifikasi), asam urat, memperlancar buang air besar dan kecil (memperbaiki metabolisme). Bagian kaliks juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan teh, sirup, pewarna, jeli atau puding. Yang paling sering adalah dibuat sirup. Sirup Rosella ini rasanya cukup masam, sehingga dalam penyajian perlu dicampur dengan gula untuk mengurangi rasa masam yang berasal dari sirup Rosella tersebut. Selain itu sirup Rosella selama ini hanya bisa disajikan menjadi variasi minuman, baik itu minuman hangat ataupun minuman dingin.

Zat aktif yang paling berperan dalam kelopak bunga Rosella meliputigossypetin, antosianin, dan glucoside hibiscin. Antosianin merupakan pigmen alami yang memberi warna merah pada seduhan kelopak bunga Rosella, dan mempunyai khasiat sebagai antioksidan. Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Di antaranya kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, dan kanker.

Semakin pekat warna merah pada kelopak Rosella, rasanya akan semakin asam dan kandungan antosianinnya semakin banyak. Dengan demikian, kandungan antioksidannya juga semakin banyak. Sayangnya kadar antioksidan dalam kelopak Rosella menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s